foto billboard dari jalan

atau kondisi bengkel ketika bekerja

Kebutuhan adalah ibu dari penciptaan

Pada awalnya, Bp. Eduardus Setiono Hartono mendirikan sebuah bengkel bubut kecil yang kemudian diberi nama PT. Mitra Baja Persada. Saat itu, tidak terlintas di benaknya untuk menyediakan layanan jasa roll plat maupun jasa roll pipa di bengkelnya.

Semuanya berjalan lancar sampai suatu ketika salah satu pelanggannya membutuhkan layanan jasa roll plat yang tidak dapat disediakan oleh bengkelnya. Seperti pengusaha cerdas lainnya, Ia ingin menangkap kesempatan baik ini. Maka Ia meluangkan waktu untuk mencari bengkel rekanan lain.

Dan pada akhirnya Ia menemukan satu bengkel di Jakarta yang bisa menyediakan layanan yang dibutuhkannya. Sayangnya, bengkel itu sudah dibanjiri orderan lain. Dan karena mereka sangat sibuk, pelayanan mereka mengecewakan, lambat, dan sangat tidak ramah. Mereka tidak segan untuk meneriaki pelanggan yang sekedar bertanya tentang layanan mereka!

“Cukup sudah!” kata Eduardus kepada istrinya. “Saya lelah dengan pelayanan dan sikap mereka yang buruk.” Sejak saat itu, Ia memutuskan untuk menyediakan layanan jasa roll plat dan roll pipa sendiri di bengkelnya, tetapi dengan pelayanan pelanggan yang berbeda.

Tujuan utamanya: memberikan layanan permesinan berkualitas tinggi yang disertai dengan senyuman. Ia ingin pelanggannya puas, sehingga mereka senang untuk berbisnis dengan bengkelnya.

foto deni lagi ngebubut

Hanya dibutuhkan percikan kecil…

Untuk menyalakan api unggun


Untuk mencapai visinya tentang layanan pelanggan yang ramah, kualitas terbaik, dan pengiriman yang cepat, Eduardus perlu menyempurnakan proses bisnisnya lebih jauh. Jika Ia terlalu berfokus pada kualitas, kliennya tidak akan mendapatkan yang dibutuhkan secara tepat waktu. Tetapi, jika bisnisnya mencoba mengambil terlalu banyak order, pelanggannya akan menerima hasil yang buruk — dan ini sungguh-sungguh bertentangan dengan apa yang Ia perjuangkan.

Oleh sebab itu, Eduardus membuat proses yang jelas dan tersistemasi yang masih digunakan hingga sekarang:

1
step 1
Calon pelanggan menyampaikan kebutuhannya
2
step 1
MBP menjadwalkan waktu untuk berdiskusi secara teknis
3
step 1
Kedua belah pihak memeriksa gambar teknis dan sampel
4
step 1
MBP mengirimkan penawaran harga
5
step 1
Pelanggan menandatangani kontrak untuk memulai pekerjaan

foto lagi ngajar

Ia melatih para insinyurnya untuk berbicara dengan hormat, dan dengan sabar mendiskusikan permasalahan pelanggannya. “Meskipun pelanggan kita tidak memiliki keahlian seperti kita, tapi kita pasti tetap dapat belajar sesuatu dari mereka,” kata Eduardus.

Anggota timnya bertambah dengan berjalannya waktu. Ada yang keluar dan ada juga wajah-wajah baru yang bergabung. Tapi ada satu hal menyatukan mereka semua: mereka ramah dan mudah diajak bicara.

Masa depan yang cerah bersama Anda


Ketika mulai merintis bengkelnya, Bp. Eduardus tidak pernah membayangkan bahwa Ia akan bisa mengerjakan proyek-proyek besar bagi pelanggan ternama seperti ini. Namun seiring berjalannya waktu, bengkelnya mendapatkan semakin banyak kepercayaan hanya dengan berpegang pada semua nilai-nilai luhur yang diyakininya.

Bengkel kecil yang dirintis Eduardus tumbuh dan berkembang selama lebih dari empat puluh tahun untuk menjadi PT. Mitra Baja Persada di masa kini. Sepanjang perjalanannya, mereka sangat diberkati dengan berbagai proyek luar biasa dan sangat berarti — baik untuk perusahaan multinasional, bengkel kecil, dan bisnis dari berbagai industri.

Sekarang, PT. Mitra Baja Persada melanjutkan misinya untuk membantu bisnis-bisnis yang berada di posisi yang sama dengan Bp. Eduardus dulu kala; yaitu untuk membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan dana, lokasi kerja, sumber daya, maupun tim berpengalaman; mereka yang haus akan kesempatan dan bercita-cita tinggi untuk meraih impian mereka.

Kini, PT. Mitra Baja Persada dijalankan oleh penerusnya yang juga memegang teguh komitmen ayahnya. Perusahaan kami menawarkan berbagai macam layanan fabrikasi baja, dimana setiap proses dan layanannya telah disempurnakan untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Apakah Anda siap mengembangkan bisnis dan menggarap proyek-proyek hebat?

Mulailah menorehkan cerita Anda sendiri dan ciptakan karya unik yang akan berdampak bagi generasi mendatang